Berpikir Fungsional dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Materi Pola Bilangan

Authors

  • Wulan Puspita Universitas Islam Negeri Mataram
  • M. Syawahid Universitas Islam Negeri Mataram
  • Lalu Sucipto Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i1.731

Keywords:

Berpikir Fungsional, Permasalahan Matematika, Pola Bilangan

Abstract

Abstrak: Pendidikan matematika memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan berpikir fungsional siswa, yang esensial dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan matematika secara logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir fungsional mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika di Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Mataram. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 4 mahasiswa semester 6 yang dipilih secara purposive, yaitu mahasiswa yang dapat menyelesaikan soal ujian dengan jawaban benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun subjek dapat menjawab soal dengan benar, ditemukan adanya kesalahan dalam proses berpikir fungsional mereka. Hal ini mencerminkan adanya kesenjangan antara hasil akhir dan proses berpikir yang mendasarinya.

Abstract: Mathematics education plays a vital role in developing students' functional thinking skills, which are essential for understanding and solving mathematical problems logically and systematically. This study aims to describe the functional thinking abilities of students in solving mathematical problems in the Mathematics Education (Tadris Matematika) program at the State Islamic University of Mataram. A descriptive qualitative approach was employed. Data were collected through tests and interviews. The research subjects consisted of four sixth-semester students selected purposively—students who provided correct answers on the test. The findings indicate that although the students answered the problems correctly, there were errors in their functional thinking processes. This reveals a discrepancy between the final answers and the underlying cognitive processes.

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Articles