Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Geometri Bidang Datar

Authors

  • Sadzkia Unniza Universitas Islam Negeri Mataram
  • Parhaini Andriani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Afifurrahman Afifurrahman Universitas Islam Negeri Mataram
  • Bintang Wicaksono Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i1.729

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah, Teori Polya

Abstract

Abstrak: Kesulitan belajar matematika tidak hanya dialami oleh siswa, mahasiswa juga mengalami kesulitan tersebut. kesulitan belajar matematika adalah kesulitan konsep. Oleh sebab itu, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep geometri bidang datar. Subjek penelitian ini yaitu Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika semester 2C sebanyak 15 orang. Penelitian ini menggunakan meode kualitatif-deskriptif. Dalam menguji pemahaman mahasiswa peneliti menggunakan soal tes dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator pemecaham masalah polya yaitu: (1) Mahasiswa dapat membaca, mengidentifikasi dan memahami soal. (2) Mahasiswa mampu melakukan perencanaan terkait tujuan pemecahan soal. (3) Mahasiswa mampu menjalankan perencanaan yang telah dibuat. (4) Mahasiswa dapat mereview setiap langkah yang sudah dilaksanakan. Melalui analisa tersebut peneliti mendapatkan kesimpulan yaitu terdapat kesulitan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep geometris yang lebih kompleks.

 

Abstract: Difficulties learning mathematics are not only experienced by students, college students also experience these difficulties. Mathematics learning difficulties are conceptual difficulties. Therefore, the research aims to describe students' difficulties in understanding the concept of plane geometry. The subjects of this research were 15 students from the Tadris Mathematics Study Program semester 2C. This research uses a qualitative-descriptive method. In testing student understanding, researchers used test questions and interviews, then analyzed based on Polya problem solving indicators, namely: (1) Students can read, identify and understand questions. (2) Students are able to plan related to the goal of solving the problem. (3) Students are able to carry out the plans that have been made. (4) Students can review each step that has been implemented. Through this analysis, the researchers came to the conclusion that there were difficulties for students in understanding and applying more complex geometric concepts.

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Articles