Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Segitiga dan Segiempat
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i1.728Keywords:
Kesalahan, Kesulitan, Segi Empat, SegitigaAbstract
Abstrak: Penelitian ini menganalisis konsep Segitiga dan Segiempat pada Mahasiswa Tadris Matematika semester 2 di Universitas Islam Negeri Mataram. Dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, dua siswa dipilih berdasarkan kemampuan tinggi dan berkemampuan rendah. Data dikumpulkan melalui tes esai dan wawancara mendalam. Hasil menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah sering mengalami kesulitan dalam memahami prodesur dan cenderung membuat asumsi geometri yang salah. Sebaliknya, siswa berkemampuan tinggi mampu menerapkan konsep dengan benar. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan konsep dasar geometri dan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah geometri.
Abstract: This study analyzes the concept of Triangle and Quadrilateral in Mathematics Education Students of Semester 2 at the State Islamic University of Mataram. With a qualitative approach and case study design, two students were selected based on high and low ability. Data were collected through essay tests and in-depth interviews. The results showed that low-ability students often had difficulty in understanding procedures and tended to make incorrect geometric assumptions. In contrast, high-ability students were able to apply the concept correctly. These findings emphasize the importance of reinforcing basic geometric concepts and developing more effective learning strategies to improve geometric problem-solving skills.