Analisis Kemampuan Computational Thinking Matematis Mahasiswa pada Materi Bangun Datar Segitiga
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i1.727Keywords:
Computational Thinking, Bangung Datar, SegitigaAbstract
Abstrak: Banyaknya mahasiswa tadris matematika yang belum mempunyai pemahaman yang memadai tentang computational thinking dapat menghambat kemampuan mahasiswa sebagai calon guru matematika dalam mengajar konsep matematika dengan cara yang lebih terstruktur dan efisien untuk memersiapkan siswa mereka dalam menghadapi tantangan di dunia yang semakin digital. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking matematis mahasiswa prodi tadris matematika di Universitas Islam Negeri Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 prodi tadris matematika sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 kategori yaitu: 1) Mahasiswa dengan computational thinking tinggi memenuhi semua indikator yakni penguraian, pengenalan pola, abstraksi, dan logaritma, 2) Mahasiswa dengan computational thinking cukup memenuhi tiga indikator yakni penguraian, abstraksi, dan logaritma, namun kurang dalam indikator pengenalan pola, 3) Mahasiswa dengan computational thinking rendah hanya memenuhi dua indikator yakni penguraian dan algoritma saja, namun kurang dalam indikator pengenalan pola dan abstraksi.
Abstract: The large number of tadris mathematics students who do not yet have an adequate understanding of computational thinking can hamper the students’ ability as prospective mathematics teachers in teaching mathematical concepts in a more structured and efficient way to prepare their students to face challenges in an increasingly digital word. This research was conducted to describe the mathematical computational thinking abilities of students in the mataram state Islamic university mathematics study program. The type of research used is descriptive qualitative. The subjects of this research were 15 students in the 6th semester of the mathematics study program. The results of the research show that there are 3 categories, namely: 1) students with high computational thinking meet all the indicators, namely decomposition, pattern recognition, abstraction, and logarithms, 2) students with computational thinking fulfill 3 indicators, namely decomposition, abstraction, and logarithms, but are less deep pattern recognition indicators, 3) students with low computational thinking only meet the indicators of decomposition, and logarithms, but are lacking in the indicators pattern recognition and abstraction.