Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Theorema Phytagoras Ditinjau dari Self Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i1.725Keywords:
Pemecahan Masalah, Teorema Phytagoras, Self-EfficacyAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi teorema phytagoras yang ditinjau dari tingkat self-efficacy. Kemampuan menyelesaikan masalah sangatlah penting karena merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang mahasiswa sebagai calon guru sehingga dapat menyalurkan pengetahuan yang baik kepada peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4A Program Studi Tadris Matematika yang berjumlah 3 mahasiswa dengan kategori self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah yang diambil berdasarkan hasil analisis angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa dapat menyelesaikan masalah matematika pada materi teorema phytagoras dengan memanfaatkan materi yang berbeda-beda, (2) mahasiswa dengan self-efficacy tinggi dan sedang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah matematika yang tinggi, dan (3) mahasiswa dengan self-efficacy rendah memiliki kemampuan menyelesaikan masalah matematika yang sedang.
Abstract: This study aims to describe students' ability to solve mathematical problems on the Pythagorean theorem material reviewed from the level of self-efficacy. The ability to solve problems is very important because it is one of the competencies that must be possessed by a student as a prospective teacher so that they can channel good knowledge to students. This research method uses a qualitative descriptive method. The subjects of this study were 4A semester students of the Mathematics Education Study Program totaling 3 students with high, medium, and low self-efficacy categories taken based on the results of the questionnaire analysis. The results of the study showed that: (1) students can solve mathematical problems on the Pythagorean theorem material by utilizing different materials, (2) students with high and medium self-efficacy have high mathematical problem-solving abilities, and (3) students with low self-efficacy have moderate mathematical problem-solving abilities.