Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar

Authors

  • Annisa Maharani
  • Yandika Nugraha Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36765/jp3m.v7i1.723

Keywords:

Kemampuan Literasi, Soal Cerita, Aljabar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematika mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Universitas Islam Negeri Mataram kelas IV A yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa dapat memenuhi semua indikator kemampuan literasi matemaatika yang ada. Akan tetapi, sebagian mahasiswa dapat menggunakan teori saja tanpa bisa membuktikannya.

Abstract: The purpose of this study was to analyze students' mathematical literacy skills in solving algebraic story problems. This study uses a qualitative approach with a case study research type. The subjects of this study were 15 fourth-semester students of the State Islamic University of Mataram, class IV A. Data collection techniques in this study used tests and interviews. Data analysis techniques used in this study include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study showed that students could meet all existing indicators of mathematical literacy skills. However, some students could only use theory without being able to prove it.

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Articles