Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.36765/jartika.v6i2.679Keywords:
ChatGPT; Students' Perception; Education.Abstract
Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT di era Pendidikan dengan membandingkan persepsi antara perempuan dan laki-laki berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Instrumen yang di gunakan berupa angket sebanyak 10 soal/pernyataan dengan skala likert 5 options. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriftif dan uji-t independent menggunakan SPSS. Hasil analisis data menunjukan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dengan nilai rata rata sebesar 75,69%. Selanjutnya pada uji-t yang telah dilakukan menggunakan SPSS di peroleh nilai uji-t yaitu sebesar -1,991 dengan nilai sig 0,052. Hal ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil persepsi mahasiswa pada kelompok A (perempuan) dengan kelompok B (lakii laki).
Abstract: The objective of this research is to explore students' perceptions regarding the use of ChatGPT in the educational landscape by comparing the perceptions between females and males based on gender. This study employs a quantitative method with a survey approach. The instrument used consists of a questionnaire comprising 10 items/statements using a 5-point Likert scale. Data analysis involves descriptive statistics and independent t-test using SPSS. The data analysis results reveal that students' perceptions towards the use of ChatGPT have an average score of 75.69%. Furthermore, the conducted t-test using SPSS yielded a t-value of -1.991 with a significance value of 0.052. This indicates that there is no significant difference between the average perceptions of female (Group A) and male (Group B) students.
References
Amala, Y., Thohir, M., Reditiya, V. E., Intan, N., & Sari, P. (2023). Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT Pendahuluan Perkembangan zaman yang semakin maju membuat setiap orang harus mampu mengikuti dan menguasai berbagai bentuk teknologi . Salah satunya yakni Society 5 . 0 yang bertujuan untuk mempe. 13(2), 109–128. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3798
Ardiansyah, A., Risnita, R., & Jailani, M. S. (2013). Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. IHSAN: Jurnal Pndidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arfah Sahabudin. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Fauzi, F., Tuhuteru, L., Sampe, F., Ausat, A. M. A., & Hatta, H. R. (2023). Analysing the Role of ChatGPT in Improving Student Productivity in Higher Education. Journal on Education, 5(4), 14886–14891. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2563
H.I.A, P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8.
Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 3(1), 83–91.
Huberman, & Miles. (1992). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.
Iriyani, S. A., Patty, E. N. S., Akbar, A. R., & Idris, R. (2023). Studi Literatur : Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pendidikan. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.30812/upgrade.v0i0.3151
Murcahyanto, H. (2023). Penerapan Media Chat GPT pada Pembelajaran Manajemen Pendidikan terhadap Kemandirian Mahasiswa. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.14073
Priowirjanto, E. S., Rivani Israwan, A. R., Josca, M. P., Kevin, N., Ardhiansyah, C., Desiani, R. H., & Munaf, C. R. (2023). Sosialisasi Mengenai Aspek Hukum Dari Penggunaan Chatgpt Dalam Dunia Pendidikan Di Smk Al-Wafa Kabupaten Bandung. Kabuyutan, 2(2), 92–99. https://doi.org/10.61296/kabuyutan.v2i2.161
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069
Salmi, J., Setiyanti, A. A., Satya Wacana, K., Universitas, D., Satya, K., & Abstract, W. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 399–406.
Saputra, T., & Serdianus, S. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.100
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Shidiq, M. (2023). the Use of Artificial Intelligence-Based Chat-Gpt and Its Challenges for the World of Education; From the Viewpoint of the Development of Creative Writing Skills. Society and Humanity, 01(01), 2023.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), 54–68. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.255