Pengembangan Mantri Caino: Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika
Keywords:
Interactive Learning Media, Ethnomatematics, Mantri CainoAbstract
This study aims to produce Mantri Caino media, namely ethnomatematics-based interactive learning media, created by using Adobe Flash. Caino Mantri was intended for junior high school students (SMP) and equivalents. The method used in this study was research and development (R & D). In this method, several stages of Caino Mantri's quality measurements were carried out, including validity, practicality, and effectiveness. Based on the conducted research, it can be concluded that the product produced, namely interactive learning media Mantri Caino, has fulfilled the specified criteria, that was valid, practical, and effective to be used in learning. The conclusion found that Mantri Caino's interactive learning media were valid, practical, and effective. This was in accordance to the assessment of experts, student responses, and student test results, with 90% of students included in the complete category.References
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. (Artikel Web). Diakses di https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan
Dahlan, Jarnawi dan Permatasari, Revina (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2 (1), 133-150. Diakses di http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM
Damayanti, P., & Ulva, S. M. (2015). Pengembangan Media Adobe Flash Cs3 Pada Konsep Bunyi Dengan Mengaplikasikan Model Instructional Games. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1), 28-42 Diakses di http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU.
P, R. K., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika pada Rumah Adat Lampung. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125-138 Diakses di https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/293.
Putra, R. W., & Anggrain, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47 Diakses di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/129.
Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Kreatif, 7(1), 1-10 Diakses di https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/9362
Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (hal. 193). Yogyakarta: Jurusan PMIPA FKIP UNTAN.
Ubayanti, C. S., Lumbantobing, H., & Manurung, M. M. (2016). Eksplorasi Etnomatematika pada SERO (SET NET): Budaya Masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1(1), 12-21. Diakses di http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/21
Silalahi, Albinus. 2017. Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Makalah disajikan pada Seminar & Workshop Penelitian Disertasi Program Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan, Sumatra Barat. Tanggal 3-4 Februari 2017.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Cs6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath, 3(1), 49-57. Diakses di http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1093
Masykur, Rubhan., Nofrizal., Syazali, Muhammad. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. Diakses di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014
Nida, Izza K., Buchori, A., Murtianto, Yanuar H., (2017). Pengembangan Comic Math dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Jurnal Aksioma, 8(1), 31-40. Diakses di http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/1531
Wurinanda, Iradhatie. (2016). Skor PISA Indo nesia Masih di Bawah Rata – Rata. (http://news.okezone.com) diakses 3 Juli 2018.
Yuliana, Nita., Pratiwi, Dona D., & Anwar, Syaiful. (2018). Pengembangan Media Interaktif Matematika Berbasis Macromedia Flash. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 50-60. Diakses di http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/91/0